Friday, December 29, 2017

Menyusun Resolusi di Tahun 2018


Dok. Pribadi


Banyak teman-teman blog saya yang membuat sebuah artikel tentang resolusi di tahun 2018. Kata resolusi pun saya kenal dari blogwalking di blog-blog teman, dan mengetahui bahwa resolusi itu sebuah harapan kita yang ingin dicapai di tahun tertentu. Dan rata-rata teman-teman semua membuat resolusi yang menarik dan menjadikan saya juga ingin membuat resolusi. Saya pikir kenapa tidak? Apa salahnya membuat resolusi. Biar nantinya juga hidup saya bisa terarah, tujuannya apa dan maunya apa. 

Friday, December 22, 2017

Berkah Kebaikan di Bulan Kemanusiaan



Sekarang ini, lingkungan kita tidak bisa terlepas dari permasalahan sosial. Baik itu kemiskinan, kekerasan, kebutuhan seksual, bahkan media sosial pun ada masalah yang meliputinya. Masalah-masalah tersebut muncul karena ketidakmampuan kita memberikan kontribusi positif ke setiap lini kehidupan. Tentunya kemampuan kita yang terbatas sebagai seorang manusia. Hal tersebut juga bisa dikarenakan karena tantangan zaman yang semakin berat dan kemudian masyarakat belum siap menghadapinya. Globalisasi yang akhirnya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap masyarakat yang tidak mampu bersaing secara epic. Alhasil, kehidupan pun tidak bisa dijalankan secara maksimal. Tentunya, kita harus saling membantu sebagai sesama manusia dan memberikan dukungan baik itu moril ataupun materiil. Diharapkan hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya kesejahteraan sosial. Itulah harapan kita bersama.

Thursday, December 21, 2017

Tips Mencari Teman Sekamar di Serumah.com



serumah.com

Setiap orang pasti ingin atau pernah merasakan kehidupan nge-kos baik itu ketika kuliah ataupun kerja di tempat perantauan. Artinya apa? Kita diharuskan jauh dari rumah dari tempat tinggal tetap. Hal itu adalah keharusan yang kadang membuat kita kesal karena harus mencari tempat tinggal baru. Mencari tempat tinggal baru artinya kita harus mengeluarkan uang ekstra untuk sewa, dan mencari teman dan lingkungan baru yang kita tidak tahu karakternya seperti apa.

Friday, November 24, 2017

Suntik TT Menyakitkan? #Part2

Nyambung lagi masalah ngobrol sama teman saya, yang pada saat itu ketemu di Puskesmas karena saya ingin suntik TT.

Yang belum baca, bisa klik : Suntik TT Menyakitkan?

Setelah mengobrol cukup lama, saya tanya urusan teman saya (Si Nar namanya) kenapa datang ke Puskesmas. Ternyata alasannya sama, dia juga mau suntik TT. Alhamdulillah, ada temannya buat nunggu antrian giliran buat di suntik. 

Kalau sendirian kan kayak orang ilang.


Saya tanya,"Eh, cuman disuntuk aja kan? gak usah pake persyaratan segala. Kata temenku gak usah?"
Si Nar jawab,"Pake donk. Nanti pasti kamu disuruh untuk nyediain surat pengantar dari desa buat imunisasi pra nikah! Kemarin sebenernya aku udah kesini, tapi disuruh balik nyiapin surat pengantar dari desa."
"Eh Iya po!?" Kaget lumayan, sampe koprol 3kali.


"Heem,, mending kamu pulang sekarang, mumpung masih lama antriannya." Saran dia

Oke!

Akhirnya saya putuskan pulang dan membuat surat pengantar imunisasi. 

Jadi, teman-teman calon ibu, kalau mau suntik TT bawa surat pengantar dari desa dulu ya. Dan kalau bisa, ngambil nomor antriannya dari pagi, biar gak antri panjang. 

Alhamdulillah, proses membuat surat pengantar imunisasi tidak begitu rumit. Cuman datang ke kantor desa, minta dibuatkan (jangan lupa bawa surat-surat dari suami ya, kalau sudah diurus, kali aja ditanyain). Setelah itu pergi ke Kantor Kecamatan, karena ada bagian Tanda tangan camat. 
Saya sempat deg-degan ke kantor camat, soalnya bayangan saya bakal antri bejibun dan pelayanannya bakal lama. Ternyata pikiran saya HOAX!

Sampai di lokasi, saya langsung tanya ke front office, mau minta tanda tangan camat. (Tentu dengan nada sopan ya, biar gak kena semprot). 
Eh, ternyata cepet! Sama mbaknya di cap terus langsung ditandatangan sama ibu yang duduk di sebelahnya, Walaupun mukanya agak jutek, gak papa, yang penting proses cepat!

YOSH!

Tambahan: apapun kondisi aparatur yang bekerja di desa ataupun di camat, semaksimal mungkin sikap kita kudu sopan, alus. Walaupun hati kurang enak. Biar sama-sama gak tersinggung ya... Dan juga biar ndak dipersulit urusan kita nanti. Cieee "Kitaaa"

Setelah beres semua, tandatangan OKE, saya langsung meluncur ke Puskesmas lagi. Dan antriannya baru nomor 95, padahal saya 122. Perasaan saya tinggal lama, hemmm... 
Mending lah, dari pada kelewat, nanti ambil nomor antrian lagi kan berabe!

Saya antri lagi, sedangkan teman saya si Nar, sudah maju ketemu sama bu bidan. Alhasil, saya menunggu sendirian. Selang 1,5 jam, giliran saya dimulai. Posisi dan kondisi saya waktu itu, belum sarapan dan juga saya lagi menstruasi hari pertama. Bisa kalian bayangin?


Proses menuju suntik TT nya agak banyak, dari mulai nimbang berat badan, tes urine, tes darah, dan sebagainya. Baru, kalau sudah selesai itu, langsung suruh bebaring di ruangan khusus buat di suntik. 
Sudah, saya disuntik TT. Rasanya kalian tahu,,, nyut-nyutttt... pegel gitu.. bener kata temenku, bakal ngerasain pegel kalau di suntik TT. Tapi, ya gak pegel banget lah. 

Pas udah di suntik, saya duduk terus ditanyain bu bidan permasalahan kondisi keluarga dan riwayat penyakit. Eh... tiba-tiba, kok kepala saya pusing, keluar keringat dingin. saya bilang sama bidannya.
"Buk! kok pusing ya...?"
"Eh...! Mbak... kenapa... aduh! bebaring mbak di kasur...!" Teriak bu bidannya, khawatir.
Saya terus baring, sambil di pijetin bu bidannya. 
"Bu,,, ada air putih..?"
"Ada mbak, bentar tak ambil?"
 Terus saya dikasih air putih sama bu bidannya. Nyesss.. Kepala udah gak pusing lagi.. agak enteng.. 
Kondisi saya lama kelamaan, sudah mulai pulih, dan kemudian saya menyelesaikan admnistrasi saya yang belum selesai. Sambil pegang-pegang perut saya.

Hem...
Saya mikir dalam hati... Kenapa saya lemes gitu... Kayaknya gara-gara saya belum sarapan..

 

Tuesday, November 21, 2017

Suntik TT Menyakitkan?

Hari senin kemarin, tanggal 20 November 2017, adalah jadwal saya untuk suntik TT.
Sebenarnya bukan sengaja saya jadwalkan. Karena memang tuntutan persyaratan, dan juga saran camisua, akhirnya saya jadwalkan.

Eh tapi apa itu suntik TT? 

Pernah suntik TT?
yang pernah pasti tahu apa dan gunanya buat apa
Tapi, yang belum pernah, saya jelaskan sedikit (sok tahu dikit)

Suntik TT (Tetanus Toksoid) adalah vaksinasi yang diberikan pada wanita sebelum menikah atau wanita hamil untuk pencegahan penyakit tetanus. 

Ya, baru saya dengar kemarin sih, bahwa wanita yang hendak menikah itu dianjurkan suntik TT. Sebelum-sebelumnya paling saya di imunisasi di sekolah pas SD. Istilah lainnya di cublik, udah gitu aja.
Walaupun sebenarnya dalam Islam gak wajib, tapi mau gak mau kita sebagai wanita terutama, kudu suntik TT.
Itu persyaratan dari KUA sendiri, dan katanya biar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Memang, lebih baik mencegah kan daripada mengobati?

Yosh!

Akhirnya senin kemarin saya siapkan mental dan fisik untuk suntik TT di puskesmas dekat rumah saya. Untungnya dekat rumah.  Jadi, kalau ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa segera menghubungi rumah.

Karena itu hari kerja, akhirnya saya berangkat terlebih dahulu ke kantor biar nanti saya izin langsung sama atasan. Baru kemudian pergi ke Puskesmas.
Niatnya mau izin jam 08.00, karena kalian bisa bayangkan ya kalau antrian di Puskesmas bakal banyak. Apalagi Puskesmas tempat saya itu cuman satu se-kecamatan. Kalau gak cepet-cepet ambil nomor antrian, pasti bakal kena macet antrian panjang.


Eh, ternyata sampai tempat kerja, saya diberi tugas untuk mengerjakan sesuatu. Dan akhirnya saya harus menyelesaikan tugas tersebut dan sedikit (gak sedikit lah) molor sampai jam 10.00. Dan saya baru pergi ke Puskesmas jam 10.15. Tak apalah, saya tetap positive thinking kalau saya ndak kena antrian panjang.
Kemudian saya izin sama atasan saya, dan setelah diizinkan saya cuss ke Puskesmas menggunakan sepeda motor.

Dengan bermodalkan niat kuat, saya langsung memutuskan ke Puskesmas.
Katanya, salah satu teman yang sudah menikah, bilang kepada saya. Kalau ingin suntik TT,saya harus bawa surat pengantar dari desa. Tapi, teman yang lain nyaranin saya untuk nggak usah bawa surat menyurat. Katanya tinggal bilang aja mau suntik TT.

Ehm.. saya pun berpikir... dan memutuskan untuk tidak membawa surat pengantar dari desa, toh bapak saya belum membuatkan suratnya.

Di tengah perjalanan...

Sebenarnya pas kondisi berangkat, saya agak gugup dan ngebut. Jadi agak bingung sedikit. Dari kejadian itu, akhirnya mengakibatkan saya hampir nyerempet mobil angkutan umum. Bressss! 
Peristiwanya, saya hendak nyalip mobil depan saya, dan dari arah berlainan ternyata ada angkutan dengan kecepatan agak ngebut nyelip motor saya.
Kaget bener... hampir dikittt lagi nyerempet!
Tapi, untungnya Allah masih beri kesempatan kepada saya. Dan alhamdulillahnya saya selamat. Walaupun saya sedikit shock, kaget, dan teriak, tapi saya coba untuk tenang dan kembali mengendarai motor saya pelan.


Selang kejadian tersebut, saya pun sampai di puskesmas. 


Sampai sana, saya sedikit bingung dengan kondisi terbaru puskesmas. Karena terakhir saya datang ke Puskesmas itu pas saya SMP, jadi saya agak bingung. Kondisi puskesmas berubah total. Antrian yang tadinya tanpa nomor, sekarang harus ambil nomor antrian. Dan ketika saya ambil nomor antrian, ternyata saya dapat urutan 122 dari 57 pasien!


Duh, nangis dalam hati...
Emaaakk.. tolong sayaaa...

Karena saya sendirian pada saat itu, saya lihat sekeliling dan mengambil tempat duduk dekat mak mak. Saya ajak ngobrol aja mak mak dekat saya, biar gak bosen. Eh, ditengah perbincangan hebat. Tiba-tiba ada yang menyapa saya dan duduk di sebelah kanan saya yang kosong...

"Hei!"
"EH siapa ini?" Pikirku
"Inget gak sama aku..?" Sambil senyum senyum
"Ehmmm... Siapa yaaa... " Aku inget wajahnya, tapi lupa namanya
"Ini loh.. masa lupaaa"
"Temen SMP ya?" saya asal nebak
"Iyaaaa... bener..." Kata dia
"Eh.. hehehhe.. siapa ya.. aku lupa namane.. aku Tari.."
"Iya aku inget kok nama kamu, aku Sinar.."
"Eh.. Sinar.. lama tak jumpaa." 
"Heheheh... iya nih..."
"Gimana kabar..?"

Akhirnya perbincangan asik pun dimulai. Dua sejoli yang lama tak bersua, mencoba untuk saling menyapa dan bertanya. Dan kami saling mengobrol tentang masa lalu.
Ditengah obrolan, akhirnya saya tanya ke dia tentang urusan dia ke Puskesmas. Ada apakah gerangan? Apakah cek kesehatan? Atau sekedar nongkrong?
Usut punya usut... dia datang ke Puskesmas ternyata karena .....






(Bersambung ke part 2)

Tuesday, November 7, 2017

Mampir di Martabak & Pukis Fav 88 Sambil Parkir di Terminal


Hi Foodist!

Selamat Malam?

Bagaimana kabarnya?

Alhamdulillah
Hari ini saya akan mereview satu makanan favorite temen-temen semua dikala sedang lapar, galau, dan kedinginan. Makanan ini memiliki rasa manis dan asin. Kulitnya kering dan ada juga yang tebal, terbuat dari tepung terigu. Kalau yang manis, bisa diisi coklat {dan macem macem, tapi bukan disisi bacem} dan kalau yang asin diisi sama telor dan daun bawang. Tahu apa makanan itu? Yaaa betul sekali.. MARTABAK. Tepatnya lagi sekarang di Martabak & Pukis Favorite 88

Hemm.. kenapa martabak? 

Sebenarnya saya iseng aja, pengin beli martabak. Awal mulanya karena saya sedang lapar, dan kemudian pas lagi cek instagram lihat ada gambar martabak. Kok ngiler ya, pengin beli. Dan akhirnya, abis pulang kerja saya langsung cari lokasi dari martabak yang saya lihat di instagram itu.

Saturday, November 4, 2017

Merasakan Kembali ke Tahun 80-an di 80's Coffee

Bisakah anda membayangkan kejadian pada tahun 80an? 
Kalau saya, belum bisa membayangkan. Namun, kalau sebelumnya saya melihat film ataupun dokumentasi tahun 80an mungkin saya bisa membayangkan kondisi tersebut.
Terus apa yang menjadi trendsetter pada saat itu? 
Sebagian besar pasti menunjuk pada trend *Koboi*, ya nggak? [sok tahu dikit]

Dan trend itulah yang menjadi ide besar dari salah satu cafe baru yang hadir di Banjarnegara saat ini.
.
Banjarnegara adalah kota kelahiranku dan menjadi pusatnya dawet ayu.
Kota Banjarnegara terletak antara Purbalingga-Banyumas-Wonosobo. Kalau kalian hendak ke Wonosobo, melalui Banyumas, pasti melewati Banjarnegara.
Banjarnegara, adalah kota yang asri, karena memang belum ada pembangunan mall, ataupun market besar yang lainnya. Hanya saja Banjarnegara pun tidak kalah dengan kota-kota yang lain. Dari spot wisata sampai kulinernya. Semuanya hadir dengan khas Banjarnegara.
Kemarin saja, Kopi Arabika asal Banjarnegara di nobatkan sebagai kopi terbaik se-Nusantara yang pada saat itu dilaksanakan di Bondowoso pada bulan Agustus 2017. Tentu itu sebagai sebuah kebanggaan bagi masyarakat Banjarnegara

Wednesday, November 1, 2017

Melangkah Yakin Menjadi #GENLANGITBIRU Bersama Pertamina

Akhir-akhir ini, sering terdengar istilah generasi X, generasi Y, ataupun generasi Z.

Sebelumnya apa sih  itu “generasi”?

Diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, generasi adalah sekalian orang yang kira-kira sama waktu hidupnya; angkatan; turunan. Sebagai contoh nih, ada generasi Y yang berarti generasi yang lahir sekitar 1977-1995. Ada juga generasi Z, yaitu generasi yang lahir dalam waktu rentang tahun 1995 sampai sekarang. Tentu masing-masing generasi memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda.
Kemudian muncul istilah baru
Ada istilah generasi langit biru atau disingkat #GENLANGITBIRU.
Sebelumnya pernah dengar kata #GENLANGITBIRU belum?
Kalau belum, saya akan jelaskan sedikit tentang apa itu #GENLANGITBIRU.

Dok. Pribadi

Genlangitbiru atau generasi langit biru adalah generasi milenial yang mementingkan kualitas hidup untuk masa depan yang lebih baik. Berbeda dengan generasi-generasi yang saya jelaskan sebelumnya. Generasi ini lebih kepada tujuan yang hakiki dan tujuan untuk masa depan yang cerah ibarat langit biru.

Kondisi Indonesia sekarang ini berada pada titik yang sedikit mengkhawatirkan. Banyak ditemukan kebakaran hutan, polusi udara baik dari kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar yang tepat ataupun dari asap rokok. Semua itu berdampak negatif terhadap lingkungan dan sekitar. Akibatnya udara menjadi kurang bersih, awan yang berwarna biru kemudian berubah menjadi gelap, dan penyakit asma dimana-mana. Padahal, dengan penanganan yang baik, hal tersebut bisa diminimalisir.

Wednesday, October 25, 2017

Kapan Waktu Enak buat Nge-Blog?

Beberapa hari yang lalu, gw sering menemukan blog-blog yang menawarkan artikel tentang perencanaan. Entah itu perencanaan tentang keuangan, berkeluarga atau bahkan perencanaan waktu. Dan mungkin gw juga butuh perencanaan itu. Apalagi waktu menjelang lepas dari status single wati sudah sangat dekat. Dan itu penting banget, biar gw bisa jadi mamak yang baik buat calon keluarga baru gw.

Entah bagaimana lagi, gw harus berekspresi. Karena emang gw belum ngerasa gugup banget buat nyiapin keperluan menjelang hari H. Yang gw pikirin sekarang adalah bagaimana membuat soal ujian akhir semester dengan baik dan cepat..
Yosh! 
Tadi malem gw udah sempetin buat 5 soal pilihan ganda, tinggal 40 soal lagi. Hahah
Kéder! Kalau gak dicicil.

Butuh bantuan nih gan
Sementara laptop gw dipake buat bikin soal, gw belum bisa maksimal buat bikin tulisan. Entah ada yang baca atau enggak tulisan gw. Tapi, itu jadi hiburan buat gw dikala gw kudu mikirin persiapan-persiapan buat hari H yang lumayan cukup banyak itu.

Untung aja keluarga gw sama keluarga calon misua gw, baik banget. Terus, ngasih bantuannya gak nanggung-nanggung. Jadi, gw bisa sambil nyambi nyelesein tugas rumah dan tugas kantor yang numpuk.

Sunday, October 22, 2017

Bersahabat dengan Toko Tetangga

Di zaman Modern ini, semakin banyak toko modern muncul sliwar sliwir kesana kemari koprol sambil bangun ruko dan kerajaannya. Dan itu memberikan dampak cukup menegangkan [menurutku] bagi toko-toko tetangga kita yang [bukan] modern. Secara gituh, tokonya nggak punya mesin kasir modern, gak punya troli besi, gak punya lemari pendingin super dingin, gak punya AC yang bisa ngikutin gerakan manusia dan gak punya pegawai yang pake seragam. Adanya ya, mesin sederhana dengan modal air liur dan jemari yang lentik, pegawai dengan jabatan diisi sama anaknya sendiri yang pake kaos kebanggaan, troli dari bahan keresek, dan pula tak ada AC buat penyegar nafas. 

Itu sebenarnya gak semua toko yang gue temui berpenampilan seperti itu, tapi beberapa. Yah.. beberapa..

Dan elu tahu, akhirnya karena perbedaan tersebut, ada sedikit jurang pemisah antara mereka berdua. Ceileee
.

Masing-masing kurang bisa bersaing dengan baik. Yang satu untungnya Milyaran, yang satunya untungnya ratusan. 
Ya.. walaupun gw sadari, gw masih belanja pake mesin hitung modern. Tapi, sedikit demi sedikit kalau memang yang gw belanjain itu barang-barang yang gw rasa bisa gue beli di toko tetangga, ya gw beli disitu. Gw berusaha bersahabat dengan toko tetangga.
.
Ya... 

Kita tahu bersama, rejeki udah dikasih sama Allah. Tapi, kita juga kudu tahu, kita kudu usaha buat dapetin itu. Dan kita juga kudu sama-sama tahu, bahwa tanpa dukungan kita, toko tetangga juga gak bisa maju. [bijak sekaliiii dul]

Nah.. 

Sepertinya gerakan toko tetangga sekarang sudah mulai bisa kreatip.  

Yang gw tahu sekarang loh ya, gak tahu kalau dari lingkungan kalian. 

Terus..?

Thursday, October 19, 2017

Tips Traveling Nyaman ala Gw

Sebentar lagi hari minggu (kalau aja sekarang hari sabtu) dan gw belum ada gandengan. (terus??)


Kemarin, setelah gue melaksanakan kewajiban gw di suatu tempat (apa itu? ada dehh), hujan kemudian turun. Sedikit deras. Dan gw gak bawa payung, lupa. Sebenarnya gak lebat juga sih. Tapi, apalah daya tangan tak sampai. 
Sedangkan jarak rumah gw, lumayan jauh. Sekitar 3 menit jalan pake kaki.


Jadi, gw butuh banget payung. Yap payung! Biar gw gak keujanan dan gak melunturkan kecantikan gw (hueeee)
Di tempat gw berdiri lumayan ramai orang, dan ikut pula nggak bawa payung #tragis. Gw tambah pasrah.

Beberapa menit kemudian, kejadian itu terjadi di situ

Ada seorang cewek membawa payung. Dia nyamperin ke arah gw. Gw kira, mau njemput gw (Pedeee..)
Eh ternyata, mau jemput suaminya. Suaminya saat itu berdiri di sebelah gw. Jadi gw agak kepedean, kalau cewek itu mau jemput gw.


Yah, nasib sudah jadi bubur...

Tapi, pas itu, hujan udah mulai reda. Si cewek itu dan suaminya kemudian pergi menuju rumah mereka. Ninggalin gw,
Akhirnya gw ikut pulang, dan ikutin mereka dari belakang. Gak papa keujanan dikitlah.
Tapi, kemudian adegan membahayakan pun terjadi.

Monday, October 16, 2017

Mimpi Bertemu Timun

Tadi malem, gw gak bisa tidur. Sakit gw kambuh. Dan akhirnya gw kebangun jam 11 malem. Pas banget dengan bapak gw yang lagi nonton TV. Itu gw rasa, karena ada suara krisik-krisik di ruang TV. Untungnya gw bukan anak yang penakut, jadi gak masalah kalau ada suara-suara gak jelas hadir di tengah malam.

Karena gw masih belum bisa tidur, gw akhirnya buka buka HP gw dan Browsing sesuatu. Dan tanpa sengaja, gw cari informasi tentang Bagaimana Menghilangkan Bopeng. Elu tahu, apa itu Bopeng?
Yah, mungkin yang tahu istilah Bopeng itu cuman yang suka perawatan wajah. Sambil update day and night routine gitu. wkwkw
Gw juga baru tahu, bopeng itu apa, akhir-akhir tahun ini.

Yap, sambil di buka-buka bukunya ya tentang bopeng (penting banget). Bopeng itu istilah untuk menyebutkan bekas jerawat yang bekasnya itu sampai meninggalkan lubang-lubang kecil ataupun besar. Biasanya si bopeng itu ada karena elu suka garuk-garuk jerawat elu, dan di cuil sambil ngupil.


Gw coba tampilin tuh apa itu bopeng, biar elu bisa berimajinasi...

Sunday, October 15, 2017

[REVIEW] Pergi Wisata tanpa Ribet dengan Paket Wisata JadiPergi.com

Akhir-akhir ini gue gabut. Entah itu istilah apa, ya gw ikutin zaman saja sekarang. Biar nanti di kira gaul.
Nah, pas gabut atau ngerasa bosen gitu, gw coba-coba hunting tempat wisata buat gw melepas lelah abis kerja. Ya, kerja itu hampir menguras waktu istirahat gw. Karena selain dapat tugas di kantor, dirumah pun bawa-bawa tugas. Gak tiap hari juga si, tapi itu lumayan bikin pikiran gw lelah dan butuh refreshing.
Salah satu yang bisa bikin gw seger lagi, ya dengan liburan seru. Dan liburannya juga gak sembarangan, kudu menarik buat gw istirahat dari pekerjaan, bisa buat hunting foto kece, dan bisa juga pas di kantong. Itu yang bisa bikin gw bahagia.

Saat ini, Gw penginnya cari wisata yang udah ada paketannya gitu. Biar nanti juga pas berangkat, gw tinggal persiapan duit jajan sama baju ganti. Masalah akomodasi, tempat nginep, wisata udah ditanggung pihak yang menyediakan paket.  Gw sebenernya belum nemuin tuh, yang trusted atau yang punya paket wisata murah sama paket wisata online terlengkap.

Selang beberapa waktu...
Akhirnya gw coba cari lewat instagram sama facebook. Tiba-tiba gw nemu ada satu link yang gw lihat menyediakan apa yang gw perlu. 

https://www.jadipergi.com

Nama websitenya JadiPergi.com

Disitu terlihat ada beberapa paket yang menarik yang ditawarkan.
Salah satu paket menarik disitu, ada yang menawarkan paket ojek. Nama paketnya "Paket Ojek Wisata di kota budaya Jogjakarta". Dan tahu gak? kita bisa berwisata di lokasi-lokasi favorit yang ada di kota itu hanya dengan Rp 99 ribu saja dengan mengendarai ojek sambil menikmati indahnya pemandangan bersama www.jadipergi.com
Mau tahu paket yang ditawarkan? 

Berikut pilihan paket lokasinya:

1. Paket Keraton:
-Menyusuri lokasi keraton dan istana Raja di kota Yogyakarta Keraton Jogjakarta Istana Air Taman Sari.
-Istana Air peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono I dan telah terusia 300 tahun lebih Benteng Vrederbu
-Benteng peninggalan belanda di tengah kota Jogjakarta, sambil menikmati indahnya belanja di Malioboro

2. Paket Kaliurang:
-Menikmati indahnya pemandangan Gunung
-Merapi di salah satu gardu pandang dengan pemandangan terbaik.

3. Paket Candi Prambanan + Candi Ratu Boko:
-Mengunjungi Candi Hindu terbesar di Indonesia yang memiliki ratusan candi plus Candi Ratu Boko

4. Paket Monumen Jogja Kembali + Museum Upside Down World
-Menikmati indahnya museum Jogja Kembali yang menggambarkan perjuangan rakyat Jogjakarta mempertahankan kemerdekaan RI sambil mengunjungi Museum Upside Down World, museum terbalik terbaru yang ada di Jogjakarta atau mengunjungi Jogja Bay, wisata air terbaru di Jogjakarta

Banyak ternyata.. gw juga udah lama gak ke Yogyakarta. Sekarang kayaknya saat yang tepat!


Itu kalau mau cari di facebook. Kalau di Instagram hampir sama kayak di halaman facebook JadiPergi,  disitu juga ada beberapa tawaran menarik dari JadiPergi.com. Langsung cek dan follow instagramnya ya.. :)

https://www.instagram.com/jadipergi/

Keuntungan yang lain?

Waaahh..
Ada diskon loh, 7% kalau kita milih paket wisata terus ke lokasinya menggunakan dresscode Batik
Udah lengkap, ada diskonnya pula. Mau bingung kayak gimana lagi? Kalau gw si mending langsung pilih JadiPergi.com buat destinasi pesan paket wisata gw. Terus hunting fotonya pake batik kesayangan gw.



 

Terus Bagaimana caranya order?

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah buka HP anda terus ketikkan JadiPergi.com/wisata di browser anda. 
Nanti ada tampilan berikut muncul di layar handphone atau yang menggunakan laptop juga bisa.
 Seperti ini nih:





Klik gambar yang menawarkan pilihan anda, maka akan muncul gambar berikut:




Pilih dan klik Yuk Pesan Sekarang
Kemudian akan tampil tanggal pemesanan



Klik tanggal yang anda ingin pesan, pilih jumlah peserta yang akan ikut serta, setelah itu 
Lanjut Ke Form Pemesanan






Isi data diri secara lengkap untuk memudahkan proses validasi. Setelah selesai,
klik  Pesan Sekarang.
Terus ikuti perintah sampai akhir pembayaran. Selesaikan pembayaran, tinggal tunggu konfirmasi selanjutnya.

Selesai!
Fiuh.. mudah banget kan.
terus 
Bagaimana kalau kita mau pesen tiket sama hotel sekalian? 
.
Tahu gak? 
Reservasi tiket dan hotel yang mudah hanya di jadipergi.
Kita gak usah susah-susah lagi pesen tiket sama hotelnya di luar dari JadiPergi. 
Di dalam website itu sudah jadi satu loh, fasilitas-fasilitasnya. Jadi, pembayarannya gak pisah-pisah. Kita tinggal duduk manis, minum kopi, sambil menunggu pesanan kita selesai prosesnya.

Kalau kita suatu saat pengin pesen lagi tanpa isi data diri terus? kan capek.. 
Caranya gimana?

Biar memudahkan kita nantinya, mending sebelum order, kita bikin akun dulu di JadiPergi.com. Nanti, otomatis data diri kita sudah tersimpan dan kita tinggal pesan. Prosesnya jadi lebih cepat lagi.

Bagaimana Caranya tuh?

Klik link dibawa saja, terus ikuti langkah-langkah selanjutnya


Dan pasti, setelah jadi member, akan ada banyak tawaran menarik lagi.

Menurut gw seperti itu, sekarang kita Jadi Pergi kan? 




Sumber informasi : JadiPergi.com 

Thursday, October 12, 2017

[Review] Melewati Masa Sulit dengan Dung Dung

Gw kira setiap manusia pernah merasakan perasaan sulit. Kalau ada yang belum pernah, berarti dia itu superMAN. Terus orange suka kebalik kalau pake celana.. heheh

Tapi, tenang aja.. kesulitan itu gak mungkin melebihi dari kemampuan kita. Iya kan? (duh bijakknyaa...). Soalnya sering gw alami, ada orang yang mukanya sedih tiba-tiba cengengesan sendiri. Berarti kan tandanya sulit itu bisa ilang. Itu kalau muka orang lain, entah muka gw kayak apa kalau lagi susah.

Bisa aja mukanya kayak kamu kena tilang tiba-tiba, padahal gak tahu salah apa..

Nah kemarin, ketika gw tiba-tiba ngerasa sulit dan sesak hatinya, akhirnya gw nyerah buat ngembaliin mood gw. Pas gw lagi tiba-tiba galau itu, gw lari... lari sekenceng-kencengnya buat nyari pelarian.

Bedain ya sama lari marathon atau lari dari kenyataan.

Gw saat itu putusin buat lari ke Koperasi. Di tempat kerja gw ada satu koperasi yang dijaga sama eneng cantik, namanya Mba Ratna. Tapi gw seringnya manggil BaNaNa. hehe..
Gw sering konsultasi sama Banana masalah kehidupan gw yang sulit. Sulit BAB, sulit beli makanan mahal, dan sulit buat jailin temen gw di sebelah meja gw saat di kantor. Itu gw ceritain semua sama Banana. Blak Blakkaann!

Nah.. pas lagi asik-asiknya cerita, gw tiba-tiba ngelirik ke bilik sebelah gw.
Ada kayak kulkas kecil tempat es krim.
Elah.. ada satu eskrim kecintaan gw yang menurut gw enak tiada tara nangkring di deretan paling atas dari es krim-es krim yang lain. Lha terus? Kenapa gw cinta? menurut gw, selain enak, es krim itu juga gw rasa bergizi soalnya ada campuran kacang-kacangan gitu. Sama yang paling emejing lagi, itu harganya bruw, cuman 4K! [gw tebelin biar dunia tahu]

Sebenernya, Gw mau nawar lagi, jadi 2K. Tapi gak boleh sama Banana.  Ya udahlah, daripada nanti gw diusir terus gak boleh curhat lagi, kan ngenes. Akhirnya gw serahin uang gw yang 2000 rupiah, 2 lembar. Terus gw ambil es krim itu.
Langsung gw tinggalin tuh Banana, soalnya gak bisa dapet murah sih.

Gw balik ke kantor, dan gw mulai makan pelan-pelan eskrimnya..

Mau tahu es krim apa yang gw makan?
Tahu es krim dung dung kagak?

Biar gak penasaran nih.. 

Ini penampakannya. Gw foto ini pas gak ada orang ya..

Dok. Mbak May

Itu namanya Es Dung Dung Rasa CangIjo
Sebenernya yang jadi primadona di hati gw itu Es DUNG DUNG yang rasa KACANG MERAH
Tapi, kayaknya udah beberapa hari ini gw liat, gak ada stok di koperasi
Jadi, gw ambil aja yang CangIjo
Daripada gw galau terus
Rasanya gak jauh beda kok, cuman kalau rasa KACANG MERAH menurut gw lebih terasa rasa kacang merahnya, lebih enyak!
Coba aja elu rasain terus bandingin

Bukan bermaksud mbanding-mbandingin ya
-
 
Dok. Mbak MAY
 Setelah dibuka bungkusnya, elu bakal nemuin lapisan coklat yang tipis tapi kerasa banget coklatnya
Bungkusnya juga gampang dibuka,
bentuknya persis kayak es tusuk gitulah
yang dijual sama mang es krim jaman dulu
tahun 2000an pas gw masih pake seragam merah putih
harganya nek dulu cuman 100 perak, 200 perak, paling mahal ya 500 perak

Dok. Mbak MAY
Kalau ini bagian dalamnya, 
abis digigit tuh coklatnya, dalemnya bakal ngeluarin cairan ijo kayak HULK (hehe) sama campuran CangIjo yang masih bulet-bulet

Nyam, dimulut langsung lumer gitu, dan kerasa gw, abis makan tuh es krim rasa sulit dan galau gw langsung ilang. Walaupun sementara, tapi minimal beban hidup gw kerasa berkurang. Yuhuuuu...

Kalau kamu gmana? ada gak hal yang bisa bikin mood lu balik jadi mood terbaik. Kalau gw, makan es krim dung dung. hehe

"Murah, enak, menyehatkan"
Slogan Kebanggaan

Tapi.. ada kurangnya.. 
[lhooo] 
Kekurangannya cuman satu, gw gak bisa beli satu gratis satu... Bananaaaaaaaaa tolong kasih diskon khusus pelanggannn!!!
[ini bukan endorse ya]




Jangan lupa baca tulisan gw sebelumnya : BENTUKAN BARU, SEMANGAT BARU
 

Tuesday, October 10, 2017

Fenomena Kaos Oblong dan Blog Baru

Ketika ada udang di balik batu, maka akan ada udang di balik kerupuk.
Yah.. gw tahu, banyak yang nanyain ke gw, 
"Blog elu baru lagi? ckck"
"Eh.. Elu gak pusing? punya blog bejibun banyaknya.."
dan pertanyaan-pertanyaan yang menurut gw, perlu gw bikin hipotesis. Bahwa "Ada hubungan positif antara pertanyaan dengan jumlah blog pribadi." 
Itu bisa jadi sebuah penelitian yang luar biasa. Namun, sayangnya, status gw saat ini masih jomblo dan sudah selesai kuliah. Jadi, gw rasa, pertanyaan ini cocoknya untuk para mahasiswa yang tengah galau mencari judul skripsi. Selamat yaaa... 


Gw gini gini juga pernah ngerasain bagaimana suasana kelas ketika gw masuk dengan bermodalkan tas berisi buku-buku, kaos sangat oblong, di rebutin adik kelas dan sandal jepit swallow warna kuning. Haissh... itu masa-masa kelam gw yang You know, ketika kondisi masih ngirit pake iprit. 

Yap... hipotesis yang gw tawarkan itu penting, harus di jawab. 

Kemudian tentang pertanyaan yang tadi...
Apakah blog gw ini baru?

Secara sadar dan tidak sadar, gw jawab bahwa blog ini tidak baru. Blog ini adalah transformasinya blog gw yang berjudul Blekkedet.blogspot.com. Blog tersebut adalah blog pertama gw yang gw buat sewaktu gw ngerasain ngantuk di kelasnya dosen, dan sewaktu gw ngerasain berangkat siang dan pulang lebih awal. Betapa bahagianya waktu itu. 

google.com

Blekkedet.blogspot.com menurut gw harus perlu ada pembaharuan, seperti perkembangan gw waktu kuliah dan setelah selesai kuliah. Makanya, gw harus perlu dan butuh untuk ide segar. 

Nah ide untuk pembaharuan itu muncul saat gw tengah duduk di kantor tempat gw kerja.
Tiba-tiba, di suatu waktu, gw denger ada yang manggil manggil gw..

"Mbak Mayyy... Mbak Mayyy...."

 Bulu kuduk gw berdiri serta mata gw celingukan. Duh,, apakah ada wangsit turun dari langit..?
Gw cari sumber suaranya..

Seketika lampu padam,, angin semilir pelan-pelan,, kemudian ada krisik-krisik di sekitar telingaku.. 

tapi..... BO'Ong.... wkwkwkwk

Yups, suara itu bersumber dari salah satu rekan kerja gw di lokasi tempat kerja gw di daerah Banjarnegara. 

"Mbak Mayyyyy..."

Suara itu tiap hari menyapa gw di awal waktu. Rasanya telinga gw jadi terbiasa denger kata-kata yang dilontarkan rekan kerja gw di sana. 
Pas lagi buka blog, tiba-tiba gw inget kata-kata itu.. yaa.. akhirnya, karena kata-kata itu gw rasa enak di denger, akhirnya gw putuskan mengganti BLEKKEDET.BLOGSPOT.COM menjadi MBAKMAYY.BLOGSPOT.COM dan gw ganti template nya menjadi putih.

Kalau menurut elu bagaimana?  Udah Pas?

Walaupun nama dan template nya ganti, isi, konten, dan konsep blog gw, tetep gw pertahanin. Tulisan di blog ini tetep mengusung tema alay, lebay, jayus. Itu tema yang tak lekang oleh zaman. Dan menurut gw juga tema itu cocok buat para manusia galau di luar sana.

Setuju???

Right... Pertanyaan tentang apakah blog gw tambah, sudah gw jawab di sini. 

Jadi, kalian gak penasaran lagi kan..???

google.com

Sunday, October 8, 2017

[Foodist] Makan Serabi Tanpa Santan di Serabine.co

Bulan Oktober ini Banjarnegara tengah musim penghujan, jadi saban sore (kurleb) hujan turun dengan derasnya. Awalnya rintik-rintik, namun lama kelamaan semakin deras seperti derasnya cintaku padamu eaaa..

Nah.. hujan -hujan gini nih, enak buat santapan makanan yang anget-anget. Kebetulan beberapa hari sebelum kejadian, gw di ajak oleh teman satu komunitas (Blogger Serayu) mau kolab sama Vinslog Banjarnegara buat hunting makanan bareng-bareng. Dan di Banjarnegara ada salah satu cafe yang belum pernah gw jamah sama sekali. Katanya baru buka bulan Agustus kemarin, tapi memang gwnya aja yang kalut gak ada waktu buat jalan-jalan. Soalnya, kekalutan hidup gw sudah mulai ke arah 70 derajat celcius, persis kayak lagi masak air.

MASAK AIRRRR! BIAR MATENG...... 

Halahhh! malah pantun yaaaaa... ໃ

Pukul 13.30 rencananya ketemuan di lokasi, tapi berhubung hujan jadi gw agak telat datengnya.

Hujan deras kemudian membasahi motorku...

Sampai lokasi, gw sedikit linglung lupa diri. "Manaaa.. lokasinya..!"
Putar putarrr kesana kemari, sampai 2 kali, ehh salah,, ehhh keblabalasan. Tanpa pandang bulu, gw pandangin tuh ruko-ruko di pinggir jalan. Deket daerah Balai Budaya, Jl. Serulingmas Banjarnegara. Nah disitu kan ada banyak ruko-ruko, gw tengok satu persatu.

Ada karaoke yang di segel, ada warung bakso, dan ada juga pepohonan yang kebasahan...

yaps
Pelan-pelan gw mengendarai Maku (motor hitam saya) untuk menjelajahi daerah situ.

Dan AHA!!
Ketemu persis setelah saya linglung, lupa diri 5 menit..
Saking girangnya, gw koprol di depan ruko sembari bahagia kayak bahagianya artis india yang tengah nyanyi di tengah hujan...

Disitu, terlihat ada sebuah ruko. Penampakan depan rukonya lumayan kurang kelihatan, soalnya papan namanya kecil. Jadi sedikit bikin linglung dan kedeng.


 
Dok. mbak May


Nama di papan namanya Serabine.co. 
Jadi, jangan sampai ketuker sama warung bakso sebelah ya..

denger-denger dari ownernya bahwa nama Serabine.co itu diambil karena memang ingin menonjolkan menu serabi dan inovasi dari resep serabi tersebut. Katanya juga cafe ini mengusung kopi Banjarnegara dan buku. 

Karena memang ini adalah Rumah Toko, jadi jangan heran jika ketika pertama kali masuk itu kayak rumah. Letak cafenya berada di atap sedangkan lantai satu untuk rumah si owner.

Kemudian gw masuk tanpa melepas alas kaki.
Dan tahu gak, setelah gw masuk dan naik ke lantai atas, view nya kece abis. Percaya deh. Anginnya juga silir-silir.
Kebetulan gw sama temen-temen kesitu pas ujan, jadi gak kerasa silir-silirnya. Kerasanya dingin .. Brrr....

Dok. Mbak May


Gw masuk ke atas dan menuju ke hall yang menghadap ke barat, awalnya gw kira sendirian, tapi pas udah sampai atap ada mbak idah ceris, mas rois, dan mas jei tengah menunggu kedatangan gw.
Dan beberapa menit kemudan, selebihnya nyusul, ada Ira, Ella, mas Imam, adeknya Ella, udah itu aja. Jadi semua berdelapan.

Ketika semua sudah kumpul, kami mulai pesan menu..

Semua sengaja memesan menu yang berbeda-beda dari yang lain, agar bisa nyobain dan bisa ngerasain betapa enyaknya serabi di serabine itu.
Sempet gw foto menunya..

Dok. Mbak May


Dok Mbak May

Rata-rata harga berkisar dari 3K s/d 15K, murah meriah yoh!
Di menu hampir ada 70 jenis varian rasa serabi (tanpa tambahan santan) dengan berbagai toping dan ternyata minumannya juga macem macem. Jadi pilihannya gak monoton itu-itu melulu. Selain itu, kita juga bisa pesen kopi kalibening yang katanya jadi jawara kopi terbaik. Wah, emejing!

Sebenarnya gw bingung mau pesen yang mana, karena semua saking enyak-enyak. Tapi, akhirnya gw pilih aja serabi dengan topping sosis, telur, dan mozarella. Kalau yang lain, entahlah, gw serahin aja semuanya kepada mereka. Hue hueeee....

Selesai pesan, kami lumayan agak menunggu lama serabinya dateng. Ya, terang saja, yang kami pesan jumlahnya ada 15 menu. Jadi, agak lama..

Sembari menunggu pesanan, gw dan temen-temen isi waktu luang dengan membaca. Tepat di tengah ruangan, sudah di sediain satu lemari penuh buku sama yang empunya cafe.
Jadi, gak mager banget lah

dok. Mbak May

Beberapa menit kemudian, akhirnya menu datang.. dan TARAAA!  Ini dia serabinya...



Dok. Mbak May

Kami-kami langsung menyerbu serabinya dengan tatapan mengerikan 0_0 W.O.W

"Let's Eat Guys!"

Gw teriak dan mulai makan sambil ambil poto-poto dari makanan pesanan kami. Soalnya tangan gw gatel kalau gak ambil poto.

Satu suap, dua suap... akhirnya habis seketika.



Sangking menikmatinya, sampai gw gak sempet action buat narsis di depan kamera. Bisa kalian bayangin?

Sudahlah, tentu kalian gak bisa bayangin soalnya belum pernah ngerasain..

Jadi, daripada berlama-lama gw critain, mending kalian langsung kepo dan cari-cari info terbaru di serabine.co

Kalian bisa cek di :
websitenya : serabine.co
Instagramnya : @serabine.co
Disitu gw kira infonya sudah paling lengkips...

Oh ya, kalian sudah bisa menyambangi serabine mulai pukul 11.00 sampai pukul 22.00. Pasti sudah bangun kan? hehe

Tambahan sedikit, karena ini cafe baru jadi ada beberapa hal yang gw kira masih kurang. Gw belum nemuin musola di cafe tersebut. Seandainya kalian berencana mau nyambangin serabine.co, siap-siap bawa alat ibadah sendiri ya. Biar enyak kalau mau sholat. 

Itu sedikit review gw tentang cafe baru di Banjarnegara yang namanya SERABINE.CO

Selamat menikmati hidangan dan suasananya ya guys!


Salam Damai

Bloggerserayu x vinslog Banjarnegara