Wednesday, October 25, 2017

Kapan Waktu Enak buat Nge-Blog?

Beberapa hari yang lalu, gw sering menemukan blog-blog yang menawarkan artikel tentang perencanaan. Entah itu perencanaan tentang keuangan, berkeluarga atau bahkan perencanaan waktu. Dan mungkin gw juga butuh perencanaan itu. Apalagi waktu menjelang lepas dari status single wati sudah sangat dekat. Dan itu penting banget, biar gw bisa jadi mamak yang baik buat calon keluarga baru gw.

Entah bagaimana lagi, gw harus berekspresi. Karena emang gw belum ngerasa gugup banget buat nyiapin keperluan menjelang hari H. Yang gw pikirin sekarang adalah bagaimana membuat soal ujian akhir semester dengan baik dan cepat..
Yosh! 
Tadi malem gw udah sempetin buat 5 soal pilihan ganda, tinggal 40 soal lagi. Hahah
Kéder! Kalau gak dicicil.

Butuh bantuan nih gan
Sementara laptop gw dipake buat bikin soal, gw belum bisa maksimal buat bikin tulisan. Entah ada yang baca atau enggak tulisan gw. Tapi, itu jadi hiburan buat gw dikala gw kudu mikirin persiapan-persiapan buat hari H yang lumayan cukup banyak itu.

Untung aja keluarga gw sama keluarga calon misua gw, baik banget. Terus, ngasih bantuannya gak nanggung-nanggung. Jadi, gw bisa sambil nyambi nyelesein tugas rumah dan tugas kantor yang numpuk.

Nah.. pas gw lagi banyak kerjaan itu, gw kira gw butuh masukkan buat manaje waktu sama uang gw yang udah ludes buat kebutuhan-kebutuhan penting gw. Terus gw nemuin artikel temen gw yang sesama blogger tentang bagaimana menej uang sama menej waktu yang baik. Biar kegiatan blogging, kantor sama persiapan gw gak keganggu.

Alhamdulillah

Disini.. Gw bakal sedikit share ya, tentang permasalahan gw tentang uang sama waktu. Soalnya menurut gw, kedua hal tersebut itu penting banget buat kita menej. Kalau gak, bakal berabé persoalannya. Ricuh... 

Oke.. dari awal ya.. tentang menej uang.

Penyakit gw tentang uang memang ribet banget. Setiap gw gajian, pasti baru satu minggu berlalu, uang gw udah ludes. Hampir habis semua. Gw aja heran. Padahal gw gak belanja mahal mahal. Paling yang banter banget itu, gw sering jajan aja. Dan jajannya sekali beli itu yang enak-enak. Jadinya, cepet abis uang gw. Padahal, kalau nanti gw udah jadi emak-emak, gw kudu bisa atur keuangan keluarga gw. Hupfff...  

Nah, satu artikel yang gw baca, nyaranin gw buat plotting gaji gw ke beberapa tempat. 
Plottingnya ada 5 tempat. 
Sarannya, gw kudu alokasiin ke alokasi biaya sehari-hari, investasi, alokasi tabungan, dana darurat, dan dana serbaguna. 
Gw selanjutnya baca keterangan dari masing-masing bagian itu. Dan gw rasa ini bakal mudah gw praktikkin.

Akhirnya tinggal praktik, yaa.. sebelum terlambat lah, gw ambil 5 amplop gede. Terus gw tulisin satu-satu bagian-bagiannya. Per bagian gw isiin uang sekitar 50-100 ribu, dan sisanya buat gw makan sehari-hari. 
dan itu baru gw laksanain minggu ini sih, jadi belum tahu progressnya gimana. Semoga aja bisa ngelatih gw, buat irit bin irit ya. 


Terus lanjut ke menej waktu

Gw kadang mikir, kegiatan gw kalau dirumah kebanyakan mantengin medsos sama nge blog. Karena gw seneng banget nulis sama liat-liat blog orang lain sambil ngemil. 
Dan keinginan gw sekarang ini, bangun blog gw biar gw bisa bikin buku sendiri. Itu salah satu tujuan gw ngeblog. Soalnya, emang kalau tulisan gw di blog ini gak di bikin buku, gw nggak bisa berkembang dan gak bisa tahu pengalaman baru yang lain.

Masalahnya, apakah nanti setelah gw nikah, gw masih bisa nge blog? Masih bisa nulis? Masih bisa kumpul bareng temen temen komunitas gw? 
Nah.. kayaknya juga, mulai dari sekarang kudu bisa menej waktu dengan baik. 
Biar nanti suami dan anak juga bisa keurus dengan baik.

Kan jahat loh, kalau sampai abis nikah, malah gw asik sendiri sama dunia gw.

Ya.. menej waktunya, gw kira bisa dengan bikin jadwal harian aja sih. Misal dari mulai bangun tidur, kita ngapain aja.. terus abis itu kerja dari jam berapa sampai jam berapa.. dirumah ngapain aja.. waktu blogging juga kudu di plot. Jangan sampai waktu buat nge blog, kebanyakan juga. Dibikin jadwal di atas kertas terus tempel di dinding biar gak lupa.

Itu yang gw baca di artikel temen gw. Kurang lebih seperti itu.

Sekarang yang jadi fokus gw adalah, berlatih menjadi pribadi yang baik terus praktikin ilmu yang gw baca itu. Biar nanti juga kedepannya bisa lebih baik.

Doain gw ya guys, semoga rencana gw lancar, dan juga berkah. aamiiinnn... 

19 comments:

  1. Mbak meiy aku kok gagal fokus dengan hari Hnya.. Seriusan nih? Aku ikutan seneng bangeeeddddss

    ReplyDelete
  2. wah mau merid mbak semoga lancar, jangan lupa undang2
    aku juga nanti kepikiran habis merid masih bisa ngeblog gag ya
    semoga aja masih bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti undangannya gw post di blog deh.. hahah

      Aamiin.. makasih mas ikrom doanya..

      Nanti saling sharing ya mas.. nek udah punya gandengan masing2..

      Delete
  3. Waahh selamat y mbak udh mau merid, semoga diberikan kelancaran dan kemudahan tanpa halangan aamiin jgn lupa undangannya mbak ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn.. makasih doanya mas adiii..
      Tunggu aja di blog.. hahaha

      Delete
  4. Tetap semangat ngeblog, smg lancar acaranya mbak.

    ReplyDelete
  5. Wah, selamat yaa,, semoga samawa mba.
    Klo sudah nikah masih bisa gak ya managemen waktu buat blog, soalnya pekerjaan utama saja sudah menyita waktu bngt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin.. makash mas doanya..

      Nanti aku usahakan bikin jadwal harian dehh.. hahah

      Delete
  6. Semoga lancar semuanya ya, Mak. Wah di akhir paragraf ada tagline ini "berlatih menjadi pribadi yang baik terus praktikin ilmu yang gw baca" jadi note to my self juga ini mah. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinnn... makasih doanya mbak siti.... heheh

      Delete
  7. wewww...udah mendekati hari H aja...

    ReplyDelete
  8. thubnailnya itu loh, heheee.
    bahasanya gaul banget mba, ternyata memenej waktu itu sangat penting bagi seorang blogger, apalagi dengan banyaknya pekerjaaan dan deadline ini, itu harus sesegera di selesaikan membuat kita kelabakan. yang mana dulu yang diprioritaskan. begitulah tantangan yang harus dihadapi oleh seorang blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekrg pun saya masih blm bsa milih prioritas mas.. mana yg pentng.. mana yg penting banget :(

      Delete
  9. Kedisiplinan akan membawa kepada kesuksesan.
    Tidak ada seorang malas yang berhasil. :D

    ReplyDelete
  10. Pas lg belajar menej uang mendadak banyak kebutuhan yang sangat mendesak bertubi2. Kadang gagal tesnya disitu :D

    ReplyDelete
  11. Semoga dilancarkan ya kak semua rencana-rencananya :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete

Gak usah ragu-ragu buat ninggalin jejak disini, karena gw rasa kita sama-sama satu nasib satu sepenanggungan sebagai manusia paling galau di dunia.. huehuee