Iklan

Berani #menebarkebaikan ditengah Wabah Mengerikan

Melihat kondisi sekarang ini, sungguh sangat memprihatinkan. Terutama di Indonesia saat ini tengah mengalami sebuah bencana yang lain dari biasanya. Bencana tersebut menimpa hampir seluruh warga masyarakat Indonesia.  Baik itu anak kecil, remaja, orang tua, kaya ataupun miskin, semua terkena bencana tersebut. Pemerintah pun sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi bencana yang terjadi sekarang ini. 

Apa sebenarnya bencana itu? 
Bencana tersebut adalah wabah covid-19!
Wabah covid-19 adalah virus yang yang ditemukan baru-baru ini dan belum ada obat untuk menyembuhkannya. Wabah itu sangat berbahaya karena gejalanya yang menyiksa dan yang paling parah adalah meninggal dunia. Pemerintah pun sampai kewalahan dalam menangani kasus tersebut.

Sebelumya Apa sih itu covid-19?
Covid-19 memiliki singkatan yaitu Corona Virus Desease 2019 atau sering orang katakan virus korona. Virus tersebut pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Kemudian menyebar luas sampai ke Indonesia. Kemungkinan virus korona tersebut berasal dari hewan yang kemudian menular ke manusia. 
Gejala yang terjadi seperti:
- pilek
- sakit tenggorokan
- batuk
- demam
- sesak nafas (pada kasus yang lebih serius)
Maka dari itu, kita bisa tahu betapa bahayanya virus tersebut. 
Semoga kita senantiasa diberikan perlindungan dari Allah dan yang sakit diberikan kesembuhan. Aamiin..

Untuk mengatasi covid-19, pemerintah menganjurkan bahkan mewajibkan masyarakat untuk #dirumahAja. Semua elemen tanpa terkecuali. Dan berita terbaru sekarang adalah masyarakat dilarang mudik, untuk mengantisipasi menyebarnya virus korona lebih luas. 
Masyarakat sekarang terpaksa bekerja dan beraktivitas di dalam rumah. Agar penularan covid-19 tidak melebar luas. 
Selain itu apabila terpaksa keluar rumah, masyarakat harus menaati protokol keluar rumah. Masyarakat harus selalu cuci tangan dan memakai masker. Berikut aturan yang berlaku:


Alhasil, dari keputusan untuk #dirumahAja, banyak yang mendukung dan banyak pula yang menyayangkan. Masyarakat yang menyayangkan adalah masyarakat yang tidak bisa bekerja mencari uang. Karena satu-satunya cara mereka mendapatkan uang adalah dengan keluar rumah. Penghasilan mereka menjadi mandeg atau berhenti total. 

Ketika ada keluarga yang tidak bisa mencari uang maka imbasnya mereka tidak bisa mendapatkan makanan. Maka dari itu, banyak diluar sana terjadi kasus baru. Kasusnya bukan tentang covid-19, namun kasus kelaparan, kejahatan, dan kematian akibat tidak bisa makan. Tentu iba melihatnya. Pemerintah sebenarnya sudah menggalakkan program untuk mengatasi hal itu seperti kartu pra kerja dan pembagian sembako gratis. Tapi tetap saja, solusi tersebut belum 100% mencover seluruh masyarakat yang membutuhkan. 


Melihat kondisi yang terjadi, alumni smansabara (sman 1 Banjarnegara) yang tergabung ke dalam grup exis smabapala kemudian berinisiatif membagikan sembako kepada yang membutuhkan khususnya warga smansabara yang terkena dampak covid-19. Sembako tersebut terdiri dari beras, gula dan minyak dan dibagikan langsung kepada warga smansabara yang membutuhkan. 

Agenda tersebut tentunya disambut positif bagi para warga smansabara. Karena kebaikan berbagi yang mereka lakukan sangatlah berarti untuk kelangsungan hidup mereka. 

Itu sedikit cerita yang saya dapatkan dari saudara saya. Kita tentu bisa mencontoh perilaku tersebut dan kemudian mempraktekkannya ke tetangga terdekat kita. 

Nah, terus bagaimana jika kita ingin ikut membantu masyarakat yang membutuhkan selain cara di atas?

Ada cara mudah yang bisa kita lakukan yaitu:

Membayar sedekah, infaq, zakat. Zakat merupakan rukun islam yang harus kita laksanakan, khususnya bagi yang mampu. Zakat diberikan kepada yang kurang mampu, seperti fakir, miskin, dan lain sebagainya yang sangat membutuhkan. Pembayaran zakat bisa dilakukan ke lembaga yang memiliki kemampuan untuk menyalurkannya, sehingga zakat yang kita berikan bisa tepat sasaran. Salah satu contohnya adalah lembaga Dompet Dhuafa
Dengan Dompet Dhuafa kita bisa lebih mudah membayarkan zakat tanpa harus keluar rumah. Karena di dompet Dhuafa ini menyediakan platform khusus dengan pembayaran melalui website. Sehingga mempermudah kita untuk membayar zakat. 

Caranya bagaimana? Sangat mudah: 

1. Cukup ketik link 
2. Kemudian isi data sesuai kondisi anda, 

Pilih keterangannya, apakah ingin zakat, infaq/sedekah, wakaf atau yang lainnya. 

3. Pilih metode pembayarannya. Bisa menggunakan transfer bank ataupun online payment

4. Klik donasi sekarang

Sangat mudah bukan??? 😀

Tentu! Tanpa keluar rumah loh..

Kebaikan berbagi yang kita lakukan jelas akan memberikan manfaat yang luar biasa kepada yang membutuhkan. Tunggu apa lagi...? Sekarang adalah moment yang tepat, apalagi bulan ini adalah bulan Ramadhan yang keberkahannya sangat luar biasa. Bisa jadi, sedekah yang kita lakukan selain memberikan kebaikan berbagi juga Allah akan menghapus wabah ini untuk kita semua. 

Semoga Allah memudahkan langkah kita untuk Menebar Kebaikan. Aamiin

Sekian. Semoga artikel ini bermanfaat

❤️❤️❤️

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

#menebarkebaikan
#LombaBlogMenebarKebaikan


Post a Comment

16 Comments

  1. Iya mbak, sekarang lagi ada Corona jadinya semuanya berbeda. Tahun ini juga ngga mudik padahal hanya setahun sekali. Mau mudik juga sepertinya percuma karena harus dikarantina 14 hari.

    Sementara jatah libur cuma 10 hari saja.😂

    Semoga menang lomba ya mbak, saingannya lumayan banyak.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalnya mana mas?


      Berrti ttp masuk setelah 10 hari??? Wahhh..

      Semangat y mas...

      Aamiiinnn... 🙏🙏🙏🥳

      Delete
  2. Asalnya aku dari Jawa tengah, Tegal tepatnya, tapi merantau ke Banten mbak, biasa cari nafkah buat anak istri biarpun cuma kuli.😊

    ReplyDelete
  3. Salut banget sama yang bisa tetap berbagi di situasi yang tidak menentu begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sis... Iri .. semoga bisa termotivasi diri ini.. 😃

      Delete
  4. Semoga kita tergolong orang-orang yang tidak sampai terkena virus Corona dan terutama tetep bisa ngebantu orang-orang disekitar kita ya mbak

    ReplyDelete
  5. semangat untuk terus berbuat baik ya mbak.


    www.diahestika.com

    ReplyDelete
  6. semoga semakin banyak yang bersedekah membantu orang-orang yg kurang beruntung di tengah wabah ini, dan tentunya semoga wabah ini cepat berakhir, aamiin..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  7. alhmadulillah masih banyak yang dilemutkan hatinya untuk selalu berbagi ya mbak May.. semoga mbak May dan krluarga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  8. Semoga pandemi ini lekas berlalu.

    dan, yak, harus saling membantu dan menebar kebaikan sih ini mah :')

    ReplyDelete

Gak usah ragu-ragu buat ninggalin jejak disini, karena gw rasa kita sama-sama satu nasib satu sepenanggungan sebagai manusia paling galau di dunia.. huehuee