Pengalaman Pertama USG



Sebelumnya sudah tahu apa itu USG? Aku jelasin sedikit. Mengambil dari DokterSehat.Com– USG atau Ultrasonografi adalah prosedur pemeriksaan yang tidak berbahaya. USG menggunakan gelombang suara tinggi yang dipantulkan ke tubuh untuk memperlihatkan gambaran rahim dan isinya yang memberikan informasi dalam bentuk gambar yang disebut Sonogram yang dapat kita lihat di layar monitor.

Nah, USG ini aku lakukan ketika hamil pertama aku berumur 3 bulan dan ini merupakan anjuran dari Puskesmas, agar pemeriksaan menjadi lebih lengkap. Tepatnya pada hari jumat kemarin, tanggal 24 Agustus 2018 aku periksa ke puskesmas bersama suami. Di sana dokter dari puskesmas memberikan keterangan yang cukup lengkap dan juga memberikan saran-saran yang baik untukku. Karena memang kehamilan pertama ini membutuhkan asupan gizi yang cukup. Diantaranya adalah asam folat, calcium, dan lain sebagainya. Kemudian dokter Nuruddin (nama dari dokter puskesmas itu menganjurkan juga untuk melakukan USG. Langsung aja aku meminta surat rujukan dokter agar bisa USG secara gratis. Kebetulan aku memiliki kartu BPJS yang aku buat di tempat kerjaku sekarang. Dokter Nur mengiyakan dan kemudian membuatkan surat rujukan ke RSUD Banjarnegara.

Surat rujukan sudah di tangan, kemudian aku dan suami menentukan kapan waktu yang baik buat USG. Akhirnya kami memutuskan hari Selasa, 28 Agustus untuk melakukan USG. Tepat pukul 07.30 aku dan suami sudah mengantri di RSUD, ternyata luar biasa antriannya panjang seperti ular. Sebenarnya ini adalah kali pertamaku pergi ke RSUD untuk periksa. Sebelumnya belum pernah ke RSUD, jadi agak sedikit bingung bagaimana prosedurnya untuk periksa di RSUD. Alhamdulillah ketika USG kemarin perjalanan kami sangat lancar, walaupun harus antri sekitar 2 jam karena antrian pasien BPJS itu sangat panjang dibanding antrian pasien UMUM.

Biar lebih jelas, aku jelaskan bagaimana prosedur untuk periksa bagi pasien BPJS. Kemarin saat USG 100% gratis tanpa dipungut biaya! YES! J Lumayan ….


Keterangan 

1. Ambil nomor antrian di ruang depan pintu masuk RSUD, pilih mau pakai BPJS atau UMUM. Kalau saya klik tombol untuk pasien BPJS
2. Bawa surat rujukan, kartu BPJS anda, dan kemudian formulir pendaftaran (bila pasien baru). formulir pendaftaran bisa di dapatkan di pusat informasi dekat pengambilan nomor antrian.
3. Antri di bagian pendaftaran pasien BPJS, menunggu nomor antriannya di panggil. Setelah dipanggil serahkan berkas yang tadi disiapkan.
4. Menunggu kembali untuk di panggil CS guna mengambil kartu pasien dan kartu periksa.
5. Setelah mendapatkan kartu tersebut, pergi menuju bagian kebidanan untuk diperiksa pertama kali. Di tempat tersebut, anda akan diperiksa Berat Badan dan Tekanan Darah.
6. Selesai periksa, Bidan akan menyuruh anda menuju USG untuk di rekam kandungannya.
7. Pergilah kebagian USG serahkan kartu ke bagian pendaftaran, dan menunggu kembali untuk dipanggil gilirannya.
8. Kalau sudah, lakukan USG bersama dokter specialis. Kemudian ambil hasil USG.
9. Setelah mendapatkan hasil USG, kembali lagi ke bagian kebidanan untuk cek terakhir hasil dari rekam USG yang tadi dilakukan.
10. Kalau memang sehat, maka bisa langsung pulang. Apabila harus menebus obat, maka tebuslah obat terlebih dahulu. Dan ini gratis! J

Itu pengalaman saya melakukan USG. BPJS sangat membantu saya meringankan beban biaya priksa yang mungkin bisa habis sampai 100 ribu lebih.

Ini hasil USG saya


Alhamdulillah dedek sehat 



Post a Comment

4 Comments

  1. Alhamdulillah.. semoga Ibu dan dedek bayi yang masih di dalam perut sehat ya, Mbak..

    Rencananya saya juga mau USG minggu depan, tapi bukan untuk ngecek dedek bayi, melainkan untuk check up kesehatan, doakan semoga saya sehat ya,Mbak..

    Oh ya,, Mba di Banjarnegara? Hmm, kita tetangga kabupaten ya, saya di Purbalingga. Semoga suatu saya kita bisa berjumpa.

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah dedeknya sehat ya meychan.. btw kalau usg jangan terlalu sering-sering yes.. per trisemester sekali saja biar debaynya gak terpapar gelombang radiasi usg terlalu sering :D
    https://beauzeefull.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. tp biaya usg di rsud banjarnegara brapa ya mbak?

    ReplyDelete

Gak usah ragu-ragu buat ninggalin jejak disini, karena gw rasa kita sama-sama satu nasib satu sepenanggungan sebagai manusia paling galau di dunia.. huehuee