Friday, April 27, 2018

BAYAR ZAKAT TANPA HAMBATAN


Bagaimana Hukum dan Keutamaan Zakat?

Sebagai seorang muslim, kita memiliki kewajiban untuk menyempurnakan rukun Islam. Apa saja itu? Ada syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji. Nah, salah satu dari kelima hal tersebut adalah zakat. zakat merupakan rukun yang penting dan dijelaskan dalam Al-Qur’an, salah satunya Q.S. An Nuur ayat 56 yang artinya : dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.”

Dalam Hadits Nabi pun menjelaskan tentang menunaikan zakat sebagai salah satu pondasi (rukun)  dari Islamnya seseorang. Maka dari itu, apabila ada seseorang yang meninggalkan zakat dan dia mengetahui tentang kewajiban dari zakat maka dia telah keluar dari Islam.

Kemudian keutamaan zakat bagi seorang muslim diantaranya adalah  
- Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam memberikan wasiat tentang zakat kepada para shahabatnya, 
- Allah Subhanahu waTa’ala menjadikan zakat sebagai pembersih harta, 
- Zakat dapat membangun ukhuwah (persaudaraan), 
- orang yang berzakat akan masuk surga Allah, 
- dan masih banyak keutamaan yang lain. 
(Kitab Zakat, Matan Abu Syuja, disampaikan oleh Ustadz Fauzan S.T., M.A).

Demikian hukum dan keutamaan dari zakat, oleh karena itu kita harus memperhatikan dengan baik di dalam menunaikan zakat kita yang nantinya akan bermanfaat di dunia dan di akhirat.

Peringatan dari Allah dan Rasul-Nya bagi Orang yang Meninggalkan zakat

Di dalam syari’at ada peringatan yang sangat keras dan sangat tegas terhadap orang-orang yang meninggalkan zakat diantaranya; pada hari kiamat Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengalungkan harta yang tidak dikeluarkan zakatnya di leher pemiliknya, akan diazab oleh hartanya tersebut, tubuh orang yang tidak mengeluarkan zakat akan dipanggang di dalam neraka jahannam dengan hartanya sendiri, dan masih banyak peringatan terkait dengan hal tersebut. 

Jadi, Ayo mulai membayar zakat dari sekarang. 

Dokumen Pribadi


Bagaimana Proses Untuk Membayar zakat?

Bentuk zakat itu banyak macamnya, ada zakat pertanian, zakat perdagangan, zakat mal, zakat fithrah, zakat penghasilan, dan sebagainya. Dengan zakat-zakat tersebut kita mungkin akan menemukan kesulitan untuk membayarnya atau bahkan menghitungnya. Maka dari itu, dompet dhuafa - salah satu lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF – memberikan kemudahan kepada kita untuk membayar atau menyalurkan zakat kepada para dhuafa atau yang membutuhkan. Sebenarnya tidak hanya zakat saja, namun kita bisa menyalurkan sedekah, infaq dan wakaf kita melalui dompet dhuafa.

Program penyaluran ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf) ini meliputi bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pengembangan sosial. Kegiatan dari dompet dhuafa pun selalu di update ke dalam artikel dan laporan yang sangat transparan. Sehingga kita akan lebih mudah memantau kegiatan dari dompet dhuafa. Dan apabila kita ingin bertanya seputar program atau proses pembayaran zakat kita bisa tanya lewat situs media sosial ataupun lewat konsultasi yang ada di website dompet dhuafa (https://www.dompetdhuafa.org/)

Sumber Gambar

Proses membayar lewat dompet dhuafa sangatlah mudah. Dompet dhuafa sekarang memberikan kemudahan kepada kita untuk membayar zakat melalui zakat online. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk bilang bayar zakat dimana? Atau bayar zakatnya susah, jadi bingung..

Apa saja yang harus dilakukan untuk membayar zakat melalui dompet dhuafa?
Langkah pertama!




Akan muncul halaman tersebut di atas 

Langkah kedua; Isi data diri dengan platform di bawah

1. Pilihan Donasi
2. Profil Donatur
3. Kemudian Pilih jenis transfer

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Kalau masih bingung bisa tanya CS Dompet Dhuafa

Kemudian Klik - DONASI SEKARANG! 
Selesai...

Sangat mudah, cepat, dan tanpa hambatan

Saudaraku, 

Zakat yang sudah anda berikan bukan hanya untuk kewajiban, tapi juga mampu memberdayakan sesama saudara yang sangat membutuhkan bantuan anda. 

Mulai Berbagi, Mulai Membangun Bangsa, Mulai Membangun Ekonomi Ummat


-----------------------------------------------------------


Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Berawal Dari Zakat, #25thnMembentangKebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa cek info lomba di donasi.dompetdhuafa.org/lombablog


8 comments:

  1. Mantapp juga sudah ada aplikasi e-zakat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang...
      Jadi gampang mau bayar zakatnya..

      Apalagi besok puasa..
      Kalau bisa di seringin tuh sedekah, dsb

      Delete
  2. Untuk but zakat sekarang LBH mudah yaa 😁

    ReplyDelete
  3. sangat mudah ya dan gak ada lagi alasan untuk tak bayar zakat

    ReplyDelete
  4. Zakta bisa memberishkan harta kita dan menambah rejeki. Btw itu kok keyborardnya putih putih ya

    ReplyDelete
  5. Betul kakak membangun ekonomi umat demi kemajuan bangsa

    ReplyDelete

Gak usah ragu-ragu buat ninggalin jejak disini, karena gw rasa kita sama-sama satu nasib satu sepenanggungan sebagai manusia paling galau di dunia.. huehuee